Resiko Dari Penggunaan Pewangi Ruangan

 
Memiliki rumah yang bersih dan wangi tentunya dapat membuat orang nyaman dan betah berada di dalam rumah. Tapi sebaiknya bijaklah menggunakan pengharum ruangan karena bisa membahayakan kesehatan. Mengapa?

Kualitas udara di dalam ruangan dapat lebih buruk dibandingkan dengan kualitas udara di luar ruangan. Hal ini karena banyaknya polusi dari benda-benda yang tidak disadari oleh pemilik rumah.

Partikel polusi udara dari luar rumah bisa saja menempel melalui pintu dan jendela, seperti debu, tungau, jamur, rambut, bulu hewan peliharaan, asap tembakau, asap pembakaran dari peralatan dapur, serta bahan kimia dari cat, vernis, kayu lapis, mebel dan pengharum ruangan.

Pengharum ruangan digunakan sekitar 75 persen dari seluruh rumah tangga di dunia. Penggunaan zat ini dapat memiliki dampak kesehatan besar karena pengharum ruangan mengandung bahan kimia berbahaya seperti phthalates, asetaldehida, toluena stirena, chlorbenzene, paradichchlorobenzene, formaldehyde dan benzene seperti dilansir greendivamom.
Pengharum ruangan juga memancarkan senyawa organik volatil (volatile organic compound atau VOC), seperti cat kebanyakan. Dalam Material Safety Data Sheet (MSDS), pabrikan mengakui bahwa bernapas pada ruangan dengan konsentrasi tinggi uap VOC yang melebihi tingkat pemaparan dapat menyebabkan masalah berikut ini:

   1. Sakit kepala
   2. Gelisah
   3. Pusing
   4. Tremor (gemetaran)
   5. Kelelahan
   6. Mual


Bahkan, penelitian yang dilakukan National Resource Defense Council dan peneliti dari University of California, University of Washington dan Environmental Protection Agency pada tahun 2006 memperingatkan bahwa phthalate dapat menyebabkan kelainan hormonal, cacat lahir dan masalah reproduksi.

Penelitian terbaru juga menunjukkan bahwa produk penyegar dan pengharum ruangan semprot serta penghilang jamur dan pembersih kamar mandi dapat meningkatkan peluang menderita kanker payudara pada wanita.

Lalu bagaimana cara membuat rumah tetap wangi meski tidak menggunakan pengharum ruangan?

Sebaiknya bijaklah menggunakan pengharum pada ruangan di rumah Anda. Bila tidak perlu jangan sebarkan bahan kimia berbahaya pada rumah Anda.

Berikut beberapa cara mudah membuat rumah tetap wangi meski tanpa pengharum ruangan:

   1. Menjaga kebersihan rumah
   2. Membuka jendela
   3. Buang sampah keluar rumah setiap hari
   4. Simpan bubuk kopi segar di atas meja
   5. Menaruh potongan lemon di tempat pembuangan sampah
   6. Menaruh baking soda di bagian bawah tempat sampah.
 
http://melorot.blogspot.com/2011/02/resiko-dari-penggunaan-pewangi-ruangan.html
jika diwebsite ini anda menemukan artikel dengan informasi dan konten yang salah, tidak akurat, bersifat menyesatkan, bersifat memfitnah, bersifat asusila, mengandung pornografi, bersifat diskriminasi atau rasis mohon untuk berkenan menghubungi kami di sini agar segera kami hapus.
◄ Newer Post Older Post ►
 

© BBC.WEB.ID Powered by Blogger