Bulu Dadanya Berubah Warna Saat Birahi



Ada fakta baru yang menunjukkan bahwa bulu dada burung cenderawasih jantan bisa berubah warna. Spesies burung yang mampu melakukannya adalah Parotia lawesii, salah satu jenis yang berhabitat di Papua Niugini.

Fakta tersebut terungkap dalam hasil penelitian Daniel Osorio, professor ilmu saraf dari Universitas Sussex, bersama rekannya yang dipublikasikan dalam jurnal Proceeding of the Royal Society B.

Perubahan warna yang terjadi bukanlah perubahan yang sebenarnya, melainkan hanya tipuan mata. Dari depan, warna bulu dada akan tampak kuning oranye. Sementara, dari samping, warna burung akan tampak hijau-biru.

Pengamatan mikroskop cahaya dan elektron mengungkap bahwa perubahan warna bulu dada burung jantan tersebut terjadi berkat bentuk struktur mikro disebut barbules, bisa dikatakan sebagai cabang terkecil dari struktur bulu.

Ilmuwan mengatakan, struktur barbules tidak silindris seperti cabang terkecil pohon, tetapi berbentuk seperti bumerang. Artinya, struktur itu bisa berfungsi seperti tiga buah cermin di ruang pas toko baju.

"Cermin" bagian tengah memantulkan cahaya berwarna kuning oranye. Sementara "cermin" di sisi lain akan memantulkan cahaya hijau-biru. Hal itu memungkinkan terjadinya perubahan warna dalam waktu cepat.

Bulu dada yang seolah bisa berubah warna itu diperkirakan para ilmuwan berkembang secara evolusioner untuk membantu burung jantan menarik pasangan saat masa birahi. Meski begitu, belum diketahui bagaimana si betina menangkap keindahan itu.

"Fakta bahwa sayap seakan direkayasa untuk mendukung perubahan dalam sudut tertentu antara bulu dan yang melihat lebih besar untuk memberikan perubahan warna menunjukkan perubahan warna ini memang penting," kata Osorio.

Sebelumnya, burung jantan jenis tersebut telah dikenal sebagai burung yang punya perilaku unik dalam menarik lawan jenis. Sebelum kawin, burung membersihkan daerah tertentu dari rumput dan tanaman pengganggu dengan paruhnya.

Setelah itu ia mulai berdansa dan mengeluarkan suara. Saat melakukannya tubuh burung ini tampak seakan berdiri tegak. Bagian sayapnya mengembang dan melebar sehingga membuatnya kelihatan seperti gadis cilik yang mengenakan rok.


Sumber  :
forum.vivanews.com
jika diwebsite ini anda menemukan artikel dengan informasi dan konten yang salah, tidak akurat, bersifat menyesatkan, bersifat memfitnah, bersifat asusila, mengandung pornografi, bersifat diskriminasi atau rasis mohon untuk berkenan menghubungi kami di sini agar segera kami hapus.
◄ Newer Post Older Post ►
 

© BBC.WEB.ID Powered by Blogger